Antisipasi Resesi Ekonomi Global, Jokowi Tagih Laporan Menteri


Tempo.Co, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memimpin rapat terbatas tentang Penataan dan Persyaratan Penanaman Modal di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu, 25 September 2019.
Dalam rapat tersebut, Jokowi meminta para menterinya melaporkan perkembangan terbaru tentang upaya yang sudah mereka lakukan dalam mendorong ekosistem dunia usaha yang mendukung investasi.
"Supaya progres lebih tajam, tidak mengulang. Oleh sebab itu, Menteri Seskab saya persilakan memberikan kelanjutannya," kata Jokowi.
Jokowi mengatakan, rapat terbatas kali ini merupakan kelanjutan dari rapat sebelumnya. Dari informasi yang diterima, kata Jokowi, ekonomi global yang melambat membuat banyak negara mengalami resesi.
Ia pun mengingatkan kepada jajarannya bahwa saat ini pemerintah berpacu dengan waktu untuk memberikan jaminan dan kepastian hukum dalam penanaman modal di negara. "Harus gerak cepat dengan pemangkasan, penyederhanaan regulasi-regulasi yang menghambat," ujarnya.
Bulan ini, Jokowi mulai mengadakan rapat secara intensif mengenai upaya menghadapi pelemahan ekonomi global. Pasalnya Bank Dunia pada awal September menemui Jokowi dan mengingatkan untuk waspada dan terus memperbaiki defisit neraca berjalan dengan penanaman modal asing.
Sehari setelah ditemui pejabat Bank Dunia, Jokowi pun menggelar rapat terbatas. Ia memerintahkan para menteri untuk menginventarisasi regulasi-regulasi yang menghambat masuknya investasi.
Share:

Recent Posts